Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

“Edukasi dan Pemeriksaan Darah Dalam Rangka Pencegahan Penyakit Tidak Menular”.

WhatsApp Image 2019 05 16 at 13.03.41

Oleh:
Victoria Ire Tominik, Margareta Haiti, Novita Anggraini

Dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan pemerintah dengan tujuan untuk mengajak masyarakat membudayakan hidup sehat dengan berfokus pada salah satu kegiatan Germas, diantaranya : memeriksakan kesehatan secara rutin dan adanya kecenderungan kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) mengalami peningkatan maka beberapa dosen program studi DIV Analis kesehatan dan program studi ilmu keperawatan mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bekerja sama dengan Kelurahan Sukarami Kecamatan Sukarami Palembang mengadakan penyuluhan dan pemeriksaan darah dengan mengambil tema “Edukasi dan Pemeriksaan Darah Dalam Rangka Pencegahan Penyakit Tidak Menular”.  Pelaksanaan kegiatan bertempat di Balai Pertemuan Kantor kelurahan Sukarami yang dihadiri oleh bapak lurah dan stafnya, para pengurus serta seluruh warga RT 26, RT 38 dan RT 40 sebanyak 138 orang.

GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT DENGAN BEBAS DARI DIARE AKIBAT BAKTERI E-COLI PADA WARGA LINGKUNGAN RT 38 KELURAHAN SUKARAMI PALEMBANG

WhatsApp Image 2019 05 11 at 10.42.21

GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT DENGAN BEBAS DARI DIARE AKIBAT BAKTERI E-COLI PADA WARGA LINGKUNGAN RT 38 KELURAHAN SUKARAMI PALEMBANG
Oleh
Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang
Bangun Dwi hardika, Pra Dian Mariadi, dan Evi Yuniarti

Upaya pengembangan masyarakat Indonesia yang merata, adil dan makmur khususnya dalam bidang kesehatan tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah semata. Secara proporsional tugas ini diemban pula oleh seluruh komponen bangsa lainnya, termasuk di dalamnya masyarakat yang bersangkutan itu sendiri, maupun oleh praktisi pendidikan maupun kesehatan yang memiliki kompetensi dibidang ilmunya. Seluruh komponen ini mempunyai kepentingan untuk secara aktif bersinergi dalam upaya perbaikan taraf kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.
Konsep pendekatan dalam upaya penanganan kesehatan penduduk mengalami banyak perubahan sejalan dengan pemahaman dan pengetahuan, sebagaimana suatu masyarakat untuk menghayati dan menghargai bahwa kesehatan itu merupakan kebutuhan yang sangat besar nilainya. Pemahaman masyarakat tentang sebab penyakit, konsep rumah sakit dan pemahaman bahwa upaya kesehatan sebagai kesehatan masih sangat rendah. Hal ini tergambar dengan banyaknya kasus masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan yang salah satunya adalah diare yang disebabkan oleh bakteri E.Coli.
Angka kejadian Diare meningkat pada daerah yang padat penduduk dan bangunan serta di lingkungan kumuh akibat dari tata ruang perumahan yang tidak baik, misalnya jarak jamban dan sumur  yang kurang dari 10 meter dan lingkungan yang  tidak bersih, karena penyebaran bakteri E.Coli dapat terjadi setelah keluar dari tubuh manusia bersama kotoran dan tertampung di jamban, maka kotoran ini akan terurai bersama oleh air tanah. Permasalahan tata ruang perumahan dan bangunan tentu tidak bisa serta merta di lakukan perbaikan dengan cepat sesuai dengan harapan syarat rumah sehat yang dikemukakan oleh depkes, namun disamping itu penting untuk diberikan pemahaman terlebih dahulu tentang penyakit diare ini agar masyarakat tahu, mau dan mampu untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap permasalahan tersebut.
Salah satu kegiatan yang ditawarkan adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan UNIKA Musi Charitas Palembang yang difokuskan pada pemeriksaan kualitas bakteriologis berupa E.coli dan penyuluhan tentang penggunaan air bersih serta akibat yang ditimbulkan apabila ditemukan kasus tingginya kadar E Coli dalam air yang digunakan. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dalam kurun selama bulan Januari 2019 oleh Tim Dosen dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Musi Charitas kegiatan ini di fokuskan di RT 38 Kelurahan Sukarame, Kecamatan Sukarame Palembang dengan melakukan survey langsung kerumah warga untuk melihat kondisi air sumur warga, dilanjutkan dengan pemeriksaan secara bakteriologis dan diakhiri penyuluhan mengenai bahaya Bakteri Eschericia coli.
Hasil Pengabdian menunjukkan 12 sampel air sumur yang ditemukan di RT 38 semuanya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) secara bateriologis karena mengandung bakteri E.Coli. oleh karena itu warga masyarakat RT 38 disarankan untuk tidak mengkonsumsi langsung air sumur tersebut atau dilakukan pengolahan sebelum dikonsumsi untuk menghindari penyakit diare. Selain itu Tim Dosen yang melakukan pengabdian kepada masyarakat juga melakukan pendidikan kesehatan kepada masyarakat RT 38 kelurahan sukarami tentang bahaya bakteri E.Coli, dampak dan cara pencegahan Diare. Kegiatan pengabdian ini mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat yaitu Kelurahan Sukarami selain itu antusias warga juga sangat baik dalam kegiatan tersebut hal ini tercermin dalam setiap kegiatan dimana warga aktif bertanya dan sharing permasalahan kesehatan ketika mengalami diare.
Kegiatan Pengabdian ini dilakukan sebagai langkah dalam Upaya Promotif dan Preventive dalam mengatasi suatu permasalahan kesehatan karena program kesehatan yang mengutamakan upaya kuratif dalam jangka panjang tidak menguntungkan. Oleh karena berapapun besar biaya yang disediakan akan tetap kurang karena permintaan akan pelayanan medis kuratif akan selalu meningkat. Upaya kesehatan yang bersifat kuratif tidak akan membawa masyarakat ke sehat produktif secara biaya lebih efektif. Sehingga dengan kegiatan ini masayarakat dapat mengupayakan Promotive dan Preventif agar dapat menekan biaya dan masyarakat dapat lebih Produktif.


____ sekian dan terima kasih ____

Download Template Joomla 3.0 free theme.

Kontak

KAMPUS BURLIAN | Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Musi Charitas Palembang - Sumatera Selatan Indonesia

Jl. Kolonel Haji Barlian, Lrg. Suka Senang No. 204 KM.7 Palembang 30152 Telp. 0711-412806, Fax.0711-415780

  • Hot line : 0711-412806  Fax. : 0711-415780