Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

PENTINGNYA BUKU KIA BAGI PENINGKATAN KESEHATAN IBU DAN ANAK

WhatsApp Image 2023 08 11 at 13.40.55

 

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakuktas Ilmu Kesehatan

Universitas Katolik Musi Charitas

Stephanie Lexy Louis, SST., M.Biomed, Ayu Nina Mirania, SST., M.Bmd, Evi Yuniarti, SST., M.Kes, Ns. Aprida Manurung, M.Kep

Kesehatan ibu dan anak menjadi salah satu upaya mengurangi angka kesakitan dan resiko belanjut menjadi kematian, demi tercapainya kesehatan ibu dan anak yang baik, peranan tenaga kesehatan dalam upaya peningkatan pelayanan yang tepat guna, salah satunya dengan penggunaan buku KIA sebagai salah satu strategi pemberdayaan masyarakat yang berkualitas. Buku KIA memuat informasi berkaitan catatan kesehatan serta cara perawatan kesehatan ibu dan anak termasuk gizi yang diperlukan sesuai usia. Selain itu terdapat pelayanan imunisasi, stimulasi pertumbuhan dan perkembangan, upaya promotif dan preventif yang dapat digunakan sebagai alat untuk mendeteksi secara dini gangguan atau masalah kesehatan.

Masih rendahnya pemahaman ibu tentang penggunaan buku KIA menjadi salah satu fakor kegagalan dalam menerapkan pogram Suistanable Development Goals (SDGs) untuk menurunkan angka kematian ibu dan kematian balita. Peran bidan bekerjasama dengan kader memiliki pengaruh enam kali lebih besar terhadap masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam penggunaan buku KIA sehingga lebih banyak informasi yang didapat untuk kesehatan. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi dan meningkatkan pengetahuan ibu dalam optimalisasi buku KIA. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di RT 10 RW 03 Kelurahan Sukarami, Kota Palembang. Metode yang diterapkan adalah peserta mengisi kuesioner untuk menggali pemahaman pada saat sebelum dan sesudah diberikan edukasi melalui penyuluhan. Hasil yang didapatkan setelah diberikan edukasi bahwa terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 88,23% yang artinya kegiatan tersebut berhasil diterima dan dipahami oleh peserta.


Download Template Joomla 3.0 free theme.

Kontak

KAMPUS BURLIAN | Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Musi Charitas Palembang - Sumatera Selatan Indonesia

Jl. Kolonel Haji Barlian, Lrg. Suka Senang No. 204 KM.7 Palembang 30152 Telp. 0711-412806, Fax.0711-415780

  • Hot line : 0711-412806  Fax. : 0711-415780