Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

RENCANAKAN PERIODE MENYUSUI DIMULAI MASA KEHAMILAN

IMG 20220325 WA0011

 

TIM DOSEN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

UNIVERSITAS KATOLIK MUSI CHARITAS

Ayu Nina Mirania, SST., M.Bmd, Stephanie Lexy Louis, SST., M.Biomed., Evi Yuniarti, SST., M.Kes

 

Keberhasilan dalam menyusui bukan suatu yang datang dengan sendirinya, tetapi perlu dilakukan perencanaan yang matang salah satunya mempunyai keterampilan dan kemauan dari diri sendiri. Pada saat ibu hamil, tubuh mulai memproduksi ASI, dengan persiapan yang matang dari calon ibu maka akan menunjang pemberian ASI ekslusif yang akan membantu tumbuh kembang bayi secara optimal. Oleh karena itu untuk mewujudkan keinginan ibu dalam pemberian ASI eksklusif maka ibu hamil perlu persiapan secara pengetahuan yang bisa didapatkan dari konselor menyusui di forum kesehatan dan juga persiapan mental dan fisik selama hamil (Fauziah, 2019).

Survey awal yang dilakukan oleh tim di Praktik Mandiri Bidan Lismarini yang beralamat di Kec. Alang-Alang Lebar Kota Palembang mempunyai kelas ibu hamil untuk trimester I, II, dan III, hal itu dilakukan untuk mengetahui masalah serta saling berbagi informasi kondisi yang dialami ibu hamil. Dari hasil wawancara tim PKM didapatkan beberapa ibu hamil belum mengetahui mengenai laktasi dan ada ibu hami yang mempunyai riwayat tidak memberikan ASI eksklusif pada anak sebelumnya. Sehingga tim melakukan kegiatan dilokasi tersebut yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada ibu hamil tentang manajemen laktasi agar dapat meningkatkan pengetahuan ibu sehingga dapat merencanakan pada saat periode menyusui bayinya nanti. Kegiatan yang dilakukan oleh tim berupa memberikan penyuluhan tentang manajemen laktasi serta melakukan simulasi pijat oksitosin yang bermanfaat untuk memperlancar produksi ASI.

Untuk mengetahui tingkat pengetahuan sebelum dan setelah memberikan penyuluhan dan simulasi, tim memberikan kuesioner kepada peserta untuk mengetahui pengetahuan ibu sebelum diberikan edukasi mengenai manajemen laktasi. Dari hasil yang didapatkan sebelum kegiatan sebanyak 39 % ibu hamil yang memiliki pengetahuan kurang dan 33% pengetahuan baik tentang manajeman laktasi. Sedangkan pada akhir kegiatan, didapatkan sebesar 78% ibu hamil yang memiliki pengetahuan baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 45% pengetahuan ibu dari sebelum dan setelah diberikan edukasi. Peningkatan pengetahuan dapat membuat kepercayaan diri pada ibu dalam memberikan ASI Ekslusif.


 

 

Download Template Joomla 3.0 free theme.

Kontak

KAMPUS BURLIAN | Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Musi Charitas Palembang - Sumatera Selatan Indonesia

Jl. Kolonel Haji Barlian, Lrg. Suka Senang No. 204 KM.7 Palembang 30152 Telp. 0711-412806, Fax.0711-415780

  • Hot line : 0711-412806  Fax. : 0711-415780