Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.
PELATIHAN PENULISAN ILMIAH BAGI PERAWAT KLINIS TINGKAT III DAN IV
- Detail
- Kategori: Pengabdian
- Diterbitkan: 30 Juli 2020
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Katolik Musi Charitas Palembang
Novita Elisabeth Daeli, Ian Kurniawan, Bangun Dwi Hardika,
Sanny Frisca, Sri Indaryati
Perkembangan dunia saat ini meyebabkan ilmu dan teknologi juga ikut mengalami kemajuan yang pesat. Keperawatan yang merupakan suatu ilmu yang holistik juga secara terus-menerus berkembang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Pengembangan jenjang karir perawat bertujuan untuk mewujudkan karya profesionalisme dalam pemberian asuhan keperawatan secara aman, efektif dan efisien oleh perawat di tatanan klinis. Pengembangan jenjang karir dapat ditempuh dengan mengikuti pendidikan formal, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat, workshop, atau seminar. Kompetensi perawat klinis terdiri dari 5 tingkatan yakni PK I sampai dengan PK V. Kompetensi perawat klinis III dan IV yakni mampu menginterpretasi hasil penelitian dalam pemberian asuhan keperawatan pada area spesifik dan menggunakan hasil penelitian dalam pemberian asuhan keperawatan pada area spesifik serta melakukan riset keperawatan deskriptif analitik dan inferensial. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk memulai penelitian yakni dengan memahami sistematika penulisan ilmah yang benar dan tepat. Penelitian ilmiah dapat diartikan sebagai proses pencarian kebenaran dari suatu fenomena yang melalui berbagai tahapan secara sistematik dan kritis. Penggunakan metode penelitian yang ditulis secara merupakan faktor utama yang dapat memudahkan peneliti dalam menyelesaikan permsalahan penelitiannya secara ilmiah.
Secara umum metode penelitian ilmiah dapat dibagi menjadi metode penelitian historis, metode studi kasus (case study), metode deskriftif, metode komparatif dan sebagainya. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menunjukan bahwa kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah mampu menambah wawasan para peserta dan minat dalam penulisan proposal penelitian, hal ini terlihat dari hasil atau draft proposal yang telah dibuat oleh peserta dalam bentuk kelompok kerja. Dengan hasil tersebut kegiatan ini diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan pemahaman para perawat di lapangan khususnya perawat klinis tingkat III dan tingkat IV.