Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.
Pelatihan Pembuatan Rancangan Penelitian bagi Perawat Klinis
- Detail
- Kategori: Pengabdian
- Diterbitkan: 27 Juli 2020
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang:
Dheni Koerniawan, Vausta Nurjanah, Ketut Suryani, Maria Tarisia Rini, Pra Dian Mariadi
Penelitian merupakan “jembatan” antara teori dan praktik khususnya dalam keperawatan. Penelitian mengungkapkan hal-hal praktis dalam asuhan yang sehari-hari diberikan kepada pasien sebagai bentuk Praktik yang berbasis bukti. Kebutuhan perawat klinis dalam tuntutan jenjang karir, pendidikan keperawatan berkelanjutan, dan standar nasional akreditasi rumah sakit mendorong perawat untuk membudayakan suasana ilmiah yang salah satunya dalam bentuk penelitian. Hal ini pun juga dialami oleh mitra, sehingga dibutuhkan pendampingan dalam bentuk pelatihan untuk merancang rencana penelitian keperawatan. Solusi yang ditawarkan dilaksanakan berupa kegiatan paparan materi, praktikum, dan presentasi proposal penelitian yang dilakukan selama tiga hari secara online menggunakan salah satu program aplikasi meeting online.
Hasil pengabdian menunjukkan bahwa hasil pre-test terdapat 20 mitra (71,4%) yang memiliki kategori pengetahuan kurang, 8 mitra (28,6%) dengan kategori sedang. Sedangkan, hasi post-test terdapat 5 mitra (17,9%) dengan kategori pengetahuan sedang dan 23 mitra (82,1%) dengan kategori baik. Sehingga, terjadi peningkatan tingkat pengetahuan sebanyak 26 mitra (96,43%) dan satu orang mitra (3,57%) berada pada tingkat pengetahuan yang tetap.
Penelitian menjadi standar profesi keperawatan dalam pemberian asuhan keperawatan, sehingga tindak lanjut oleh mitra menjadi sangat penting guna meningkatkan keterampilan peserta dalam menerapkan praktik keperawatan berbasis bukti. Beberapa alternatif kegiatan yang tim sarankan antara lain berupa pelatihan lanjutan dengan topik yang mendalam atau pada perawat yang belum menjadi peserta (seperti yang terdapat dalam umpan balik peserta pelatihan), dorongan dan dukungan dari mitra kepada peserta untuk melanjutkan rancangan penelitian menjadi pelaksanaan penelitian (pengambilan data dan analisis data), terutama topik-topik terkait tren dan isu terkini. Oleh karena itu, pergerakan manajemen keperawatan (bidang keperawatan, diklat, dan komite keperawatan) menjadi motor utama dalam tindak lanjut yang kondusif untuk mempertahankan bahkan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam konteks penelitian keperawatan dan aplikasi praktik keperawatan berbasis bukti.