Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

PEMERIKSAAN HAEMOGLOBIN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN ANEMIA PADA IBU MENYUSUI


Foto

 

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang:

dr. Hotman Sinaga, Sp. PK, Pra Dian Mariadi, S.Si., M.T., Ayu Nina Mirania, SST., M.Bmd, Stephanie Lexy Louis, SST., M.Biomed, Evi Yuniarti, SST., M.Kes

 

Anemia bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa termasuk ibu hamil dan menyusui. Efek dari proses melahirkan akan berbeda-beda pada setiap ibu, ada yang tidak mengalami masalah apapun, tetapi ada pula yang mengalami penurunan pada kesehatan, salah satunya dapat disebabkan oleh banyaknya kehilangan darah selama proses persalinan sehingga berpengaruh pada pasca melahirkan. Sedangkan kondisi lainnya yang dapat menyertai anemia pada pasca melahirkan adalah perubahan pola makan dan istirahat. Sebagai upaya untuk mencegah kejadian anemia pada ibu, maka dilakukan pendidikan kesehatan dan pemeriksaan haemoglobin.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UKMC dilaksanakan di Posyandu Kenanga RT 14 Kelurahan 9 Ilir Palembang. Kegiatan ini bertujuan ntuk meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya mengenai anemia pada ibu serta dilakukan pemeriksaan haemoglobin (Hb). Dari hasil pemeriksaan Haemoglobin yang dilakukan kepada 36 koresponden didapatkan sekitar 77,7 % koresponden tergolong memiliki kadar Hb yang normal dan sekitar 22,2 % koresponden memiliki kadar Hb dibawah normal dan tergolong Anemia ringan. Dari hasil tersebut, ibu diberikan penyuluhan untuk lebih memperhatikan asupan gizi dengan tujuan mencegah terjadinya anemia baik pada masa kehamilan, setelah persalinan maupun diluar masa kehamilan.

Diharapkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang anemia dan meningkatkan kewaspadaan gejala anemia pasca melahirkan.


Download Template Joomla 3.0 free theme.

Kontak

KAMPUS BURLIAN | Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Musi Charitas Palembang - Sumatera Selatan Indonesia

Jl. Kolonel Haji Barlian, Lrg. Suka Senang No. 204 KM.7 Palembang 30152 Telp. 0711-412806, Fax.0711-415780

  • Hot line : 0711-412806  Fax. : 0711-415780