Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

MENCAPAI KEHAMILAN SEHAT MELALUI DETEKSI DINI KOMPLIKASI KEHAMILAN DI PRAKTIK MANDIRI BIDAN ELLNA 11 ILIR PALEMBANG

berita pengabdian

Oleh

Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

Ayu Nina Mirania, Stephanie Lexy Louis dan Nora Novia Vinnata

Masa kehamilan seharusnya menjadi masa-masa yang menyenangkan, tetapi ada beberapa kondisi yang ternyata beresiko dalam kehamilan. Tiap trimester kehamilan memiliki berbagai kemungkinan komplikasi yang bisa terjadi. Komplikasi kehamilan adalah masalah kesehatan yang melibatkan ibu, bayi atau keduanya. Salah satu komplikasi yang dapat terjadi berupa keracunan dalam kehamilan yaitu preeklamsia. Oleh sebab itu, para petugas kesehatan harus terus berupaya menyebarluaskan beberapa informasi terkait kesehatan yang berkaitan langsung dengan kesehatan ibu hamil.
Kegiatan pengabdian kepada msyarakat dari dosen-dosen di Fakultas Ilmu kesehatan UNIKA Musi Charitas Palembang dilakukan sebagai upaya untuk memberikan berbagai informasi terkaita kesehatan pada ibu hamil. Kegiatan tersebut berupa penyuluhan tentang tanda bahaya pada kehamilan diikuti dengan serangkaian pemeriksaan yang bertujuan untuk mendeteksi dini penyulit atau komplikasi kehamilan khususnya pre eklamsi pada ibu hamil melalui pemeriksaan fisik dan urine pada ibu hamil. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada bulan Maret 2019 di Praktik Mandiri Bidan Ellna, 11 ilir Palembang.
Hasil pengabdian ditemukan pada ibu hamil yang ANC di PMB Ellna terdapat 55% ibu hamil yang kurang mengetahui dari tanda-tanda bahaya kehamilan, untuk pemeriksaan fisik selurh ibu hamil tergolong normal, sedangkan pada pemeriksaan urine terdapat 25% ibu hamil yang memiliki hasil positif + (1+). Dari hasil tersebut ibu hamil telah diberikan edukasi oleh tim berupa pentingnya pemeriksaan kehamilan secara rutin serta menjaga pola hidup sehat selama kehamilan.
Dengan terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil dan mengurangi terjadinya komplikasi selama kehamilan sehingga menciptakan kondisi ibu dan janin yang sehat.


Download Template Joomla 3.0 free theme.

Kontak

KAMPUS BURLIAN | Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Musi Charitas Palembang - Sumatera Selatan Indonesia

Jl. Kolonel Haji Barlian, Lrg. Suka Senang No. 204 KM.7 Palembang 30152 Telp. 0711-412806, Fax.0711-415780

  • Hot line : 0711-412806  Fax. : 0711-415780