Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Pendampingan Lansia dalam Peningkatan Kemandirian Mengatasi Nyeri Sendi (Rheumatoid Arthritis) Secara Non Farmakologis

compress pkm bangun daeli

 

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang:

Novita Elisabeth Daeli, Bangun Dwi Hardika, Sri Indaryati, Reski Dewi Utami, Andy Orlando

 

Seorang lanjut usia akan mengalami perubahan fisiologis salah satunya pada sistem muskuloskeletal, yaitu jaringan penghubung (kolagen dan elastin) yang mengalami perubahan akibat turunnya fleksibilitas pada lansia sehingga menimbulkan dampak berupa gangguan persendian. Penyakit yang dapat menyerang persendian yaitu seperti osteoartritis, artritis rhemautoid, dan artritis gout. Asam urat (Artritis Rematoid) dapat menimbulkan nyeri hebat yang tidak tertahankan, terjadi pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Gejala yang tidak segera mengalami penanganan akan menggangu aktivitas penderita terutama lansia.

Penanganan nyeri tidak hanya secara farmakologis namun juga dapat dilakukan secara non farmakologis. Pemanfaatan herbal dari berbagai tanaman obat keluarga (TOGA) seperti bawang merah (Allium cepa var aggregatum), dan senam sendi pada lansia merupakan beberapa contoh penanganan nyeri yang dapat dilakukan secara mandiri oleh pasien. Kemandirian pasien dalam mengurangi gejala penyakit yang dialmi dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup lansia.

Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menunjukan bahwa kegiatan kompres bawang merah dan senam sendi efektif untuk menurunkan tingkat nyeri pada sendi lansia hal ini terlihat dari 30 lansia yang terdata mengikuti kegiatan ini mengalami penurunan nyeri yang significant dengan rata-rata penurunan nyeri 5,50. Dengan hasil tersebut kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup lansia yang tinggal di panti werdha warga tama inderalaya.


Download Template Joomla 3.0 free theme.

Kontak

KAMPUS BURLIAN | Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Musi Charitas Palembang - Sumatera Selatan Indonesia

Jl. Kolonel Haji Barlian, Lrg. Suka Senang No. 204 KM.7 Palembang 30152 Telp. 0711-412806, Fax.0711-415780

  • Hot line : 0711-412806  Fax. : 0711-415780