Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

PELATIHAN PIJAT BAYI BAGI IBU UNTUK MEMBANTU STIMULASI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BAYI DI RT 14 KELURAHAN TALANG KELAPA KECAMATAN ALANG – ALANG LEBAR KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN

evi pkm

 

Oleh:

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Fakultaas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang:

Evi Yuniarti, Nora Novia Vinnata, Iltru Misdeti

 

Pijat adalah salah satu bentuk terapi yang paling tua. Masyarakat Indonesia telah mengenal pijat dari sejak jaman nenek moyang serta diturunkan secara turun temurun. Banyak manfaat yang diperoleh dari pijat, pijat dapat dilakukan dari orang tua hingga bayi. Pijat bayi dapat membantu melancarkan peredaran darah dan kerja saraf yang bermanfaat untuk tumbuh dan kembang bayi. Pijat bayi yang dahulunya hanya dapat dilakukan oleh dukun bayi, sekarang bisa dapat dilakukan oleh orang tua sendiri. Manfaat yang diperoleh dari pemijatan bayi yang dilakukan sendiri oleh orang tua sangat besar daripada pemijatan yang dilakukan oleh dukun bayi selain itu teknik-teknik yang dilakukan juga berbeda dengan dukun bayi karena orang tua menggunakan pijatan yang lembut sehingga tidak menyakiti dan membuat bayi menangis dan disetiap sentuhan pijatan yang diberikan oleh ibu akan memberi stimulus pada panca indera dan perkembangan otak bayi.

Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diberikan oleh dosen-dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan UNIKA Musi Charitas Palembang sebagai upaya dalam memberikan pengetahuan dan informasi mengenai pijat bayi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di RT. 14 Kelurahan Talang Kelapa dengan cara memberikan pelatihan pijat bayi bagi ibu untuk membantu stimulasi perkembangan dan pertumbuhan bayi dan dari hasil posttest yang dilakukan telah menghasilkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pemijatan pada bayi.

Pelatihan tentang pijat bayi merupakan aspek penting dalam meningkatkan keterampilan di masyarakat karena dengan melakukan pijat bayi secara rutin, akan mendapatkan manfaat yang cukup besar terutama dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak sehingga dapat menjadi generasi penerus yang berkualitas. Langkah awal untuk mewujudkkan keinginan tersebut adalah pemberian stimulasi yang teratur dan terus menerus. Sehingga dengan pemberian stimulasi yang dari ibu atau orang tua akan menciptakan anak cerdas bertumbuh kembang dengan optimal, mandiri serta memiliki emosi yang stabil dan mudah beradaptasi (Maharani, 2009)


Download Template Joomla 3.0 free theme.

Kontak

KAMPUS BURLIAN | Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Musi Charitas Palembang - Sumatera Selatan Indonesia

Jl. Kolonel Haji Barlian, Lrg. Suka Senang No. 204 KM.7 Palembang 30152 Telp. 0711-412806, Fax.0711-415780

  • Hot line : 0711-412806  Fax. : 0711-415780