Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

PENDAMPINGAN MENURUNKAN INKONTINENSIA URIN PADA WARGA DI KELURAHAN TALANG BETUTU

PKM pak Dheni

 

Oleh:

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Fakultaas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang:

Dheni Koerniawan, Srimiyati, Sanny Frisca, Aniska Indah Fari

Masalah inkontinensia urin atau mengompol merupakan salah satu masalah yang meluas dan merugikan terutama pada usia lanjut. Pada lansia, inkontinensia urin terjadi sebagai akibat menurunnya kemampuan kontraksi atau tegangan otot-otot dasar bagian panggul yang berfungsi untuk mengontrol proses berkemih, buang air besar, dan juga otot organ intim perempuan.

Inkontinensia urine tidak akan mengancam jiwa penderita tetapi berpengaruh pada kualitas hidup karena gangguan psikologis dan faktor sosial yang sulit diatasi, penderita merasa rendah diri karena selalu basah akibat urine yang keluar, mungkin pada saat batuk, bersin, mengangkat barang berat dan ketidakmampuan menahan buang air kecil. Gangguan ini merupakan salah satu faktor yang membuat banyak keluarga menempatkan manula tersebut di panti jompo untuk mendapatkan perawatan yang layak. Biaya untuk perawatan di panti atau rumah sakit merupakan implikasi ekonomis yang sangat bervariasi.

Inkontinensia urine kemungkinan besar akan sembuh, dan dapat diupayakan lebih baik, sehingga kualitas hidup penderita meningkat dan meringankan beban yang merawat. Oleh karena itu, Senam Kegel menjadi salah satu solusi yang baik dalam meningkatkan kontraksi otot-otot dasar panggul, sebagai salah satu bentuk terapi non-farmakologi.


Download Template Joomla 3.0 free theme.

Kontak

KAMPUS BURLIAN | Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Musi Charitas Palembang - Sumatera Selatan Indonesia

Jl. Kolonel Haji Barlian, Lrg. Suka Senang No. 204 KM.7 Palembang 30152 Telp. 0711-412806, Fax.0711-415780

  • Hot line : 0711-412806  Fax. : 0711-415780